Selasa, 17 Juli 2012

Apa sih hidup sehat itu menurut kalian? Banyak orang di sekitar kita sudah banyak yang mengabaikan arti penting dari kesehatan, kesehatan memang sudah saatnya menjadi budaya. Tubuh kita bisa diibaratkan sebagai pabrik yang besar, di dalamnya bekerja berbagai macam produksi. Sang Khaliq telah menciptakan manusia sedemikian sempurnanya, dan sebagai hamba kita wajib untuk mensyukuri nikmatnya dan menjaganya. Karena dunia ini memang diciptakan dengan berpasang-pasangan, ada yang sehat ada pula yang sakit. Aturlah semua pola kehidupan kita supaya seimbang, dari pola makan, istirahat, tentu saja olahraga pun harus tetap dijaga. Tubuh kita melakukan metabolisme dan ekskresi dengan melakukan penyerapan dan pembuangan zat-zat yang tidak berguna lagi bagi tubuh. Proses dalam tubuh kita bisa terbagi dari beberapa fase, yaitu :
  1. Pukul 21.00-23.00 : pembuangan zat-zat tidak berguna di bagian sistem antibodi (kelenjar getah bening). Selama durasi ini tidak membutuhkan kalori/energi banyak, akan lebih bagus dalam kondisi tidur.
  2. Pukul 23.00-01.00 : proses de-toxin pada bagian hati, saat ini harus berada dalam tidur cukup pulas.
  3. Pukul 01.00-03.00 : proses de-toxin di bagian empedu harus dengan kondisi yang sama yaitu tidur.
  4. Pukul 03.00-05.00 : proses de-toxin telah mencapai paru-paru, karena itu apabila sedang sakit batuk saat ini saat paling hebat, karena proses pembersihan telah mencapai pernafasan.
  5. Pukul 05.00-07.00 : de-toxin sedang terjadi di usus besar, karenanya kita harus buang air kecil.
  6. Pukul 07.00-09.00 : waktu penyerapan gizi makanan bagi usus kecil, sehingga tubuh kita membutuhkan asupan dengan sarapan pagi. Sangat baik sarapan sebelum pk 06.30 untuk orang sakit, dan buat orang yang menjaga kesehatannya sangat baik apabila sebelum 07.30.
Istirahat secukupnya sangat berpengaruh dalam kondisi fit badan kita, usahakan sebelum pk 23.00 sudah dalam posisi tertidur lelap, dan tidur siang maksimal 1 jam, bila lebih sudah sangat buruk untuk kesehatan. Air mineral/putih, ya jangan lupa dengan yang satu ini, air yang sifatnya menghanyutkan kotoran-kotoran dalam tubuh yang akan lebih cepat keluar lewat urine. Bagi yang ingin menguruskan badan pun, minum ar hangat sebelum makan (sehingga merasa agak kenyang) merupakan satu cara untuk mengurangi jumlah makanan yang masuk. Apalagi air tidak mengandung kalori, gula, ataupun lemak. Namun minum air yang baik dalam air sedang, tidak terlalu dingin dan tidak terlalu panas. Semakin kita banyak melakukan aktivitas, air akan  lebih banyak terkuras dalam tubuh. Apalagi orang yang tinggal di daerah tropis di mana energi  yang dikeluarkan lebih banyak. Sebab itu, para pakar kesehatan mengingatkan agar jangan hanya minum bila terasa haus. Kebiasaan minum, apakah sedang haus atau tidak, merupakan kebiasaan sehat!

Tidak ada komentar: